Sebaiknya Canopy Anda Menggunakan Bahan Ini

Dinding luar rumah, teras, carpot dan tempat lain di halaman rumah merupakan bagian dari rumah yang lebih cepat membutuhkan perawatan. Karena memang di bagian luar rumah lebih sering terkena sinar matahari dan guyuran hujan secara langsung. Oleh karenanya sebagian besar rumah-rumah modern hari ini banyak menggunakan kanopi, selain melindungi rumah, memberikan kenyamanan bagi penghuni juga tidak kalah penting, kanopi juga tidak meninggalkan nilai estetika rumah tersebut.
Kanopi memiliki varian yang cukup banyak sekali, mulai kanopi berbahan kaca, polycarbonate dan kanopi berbahan kain.
Artikel kali ini, kita cuman akan tulis kanopi berbahan Polycarbonate saja. Sedang kanopi jenis lainnya anda dapat membaca di artikel berikutnya.

  • Kanopi bahan Polycarbonate : ada banyak merk untuk kanopi jenis ini.

  1. Twinlite polycarbonate atau biasa disebut twinlite ini paling sering digunakan oleh para penyedia produksi las besi. Selain harga cukup terjangkau, twinlite juga cukup tahan lama.
  2. Solarlite polycarbonate. Solarlite termasuk kelas medium untuk kwalitas bahan kanopi. harga untuk solarlite lebih murah dibanding twinlite, untuk solarlite memiliki ketahanan kurang lebih 7tahun
  3. Solite Polycarbonate adalah yang termurah dibanding dua bahan kanopi di atas. Untuk solite Polycarbonate memiliki ketahanan kurang lebih 3-5tahun dengan harga sangat terjangkau.

Lalu sebaiknya pilih yang mana?? Pilihan dan keputusan tentunya sangat bergantung pada kebutuhan dan keinginan anda sendiri bukan??
Berikut ini ada sedikit catatan tentang kelebihan dan kekurangan bahan-bahan kanopi di atas. Semoga dapat membantu anda untuk menentukan pilihan.
Atap kanopi ini memiliki kelebihan desain yang sangat simple, sehingga mudah sekali diaplikasikan dan dikombinasi dengan berbagai warna atap. Desain transparannya yang memfilter cahaya masuk sekitar 40% tentunya membuat area dibawahnya menjadi terang.
Kelemahan bahan kanopi ini adalah : karena bentuknya yang flat/datar membuat bahan ini sangat rawan terjadi bocor bila ada pemasangan yang kurang tepat.
oleh karenanya kebanyakan pemasangan kanopi berbahan Polycarbonate sering dikombinasikan dengan bahan spandek.

  • Spandek


Spandek atau zyncalum ini sangat sering dipakai di rumah-rumah karena memang harganya yang sangat terjangkau, spandek juga termasuk bahan kanopi yang awet dan tahan lama. Ketahanan spandek bisa mencapai kurang lebih 17tahun. Selain itu, spandek juga tidak mudah bocor, karena bentuknya yang bergelombang. Bagi para praktisi jasa las dan pemasangan juga sangat menyukai bahan spandek ini, karena dalam pengerjaanya yang tidak membutuhkan waktu lama.
spandek sendiri terbuat dari bahan logam, jadi sedikit lebih bersuara ketika hujan turun. Untuk mengurangi suara berisiknya spandek, Para teknisi pemasangan biasanya menggunakan lapisan triplek yang dipasang menempel dibagian bawah spandek, atau bisa juga dengan teknik pemasangan dengan kemiringan yang sangat kecil, harapannya ketika terjadi hujan, spandek tidak akan terlalu deras mengalirkan air, sehingga dapat sedikit menampung air dan otomatis menjadi peredam suara saat turun hujan.

  • ALDERON


Lebih sering disebut UPVC. Bahan yang satu ini terkenal paling kuat dibanding bahan-bahan yang lainya, selain sangat tahan lama, UPVC juga tahan beban mencapai 150kg. jadi tidak perlu hawatir bila anda menaiki kanopi yang berbahan UPVC selama berat badan anda tidak lebih dari 150kg.
Untuk harga UPVC memang tergolong lebih mahal dibanding bahan yang lain. Tapi soal kwalitas tidakperlu dihawatirkan lagi.
 
Bahan kanopi lainnya anda dapat membaca artikel tentang kanopi berbahan kaca dan kanopi berbahan kain.  <507>
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *